-->

4 Tingkatan Rezeki untuk Manusia

Kalau di artikel sebelumnya sinyalam sudah pernah membahas tentang 10 kunci agar di mudahkan dalam mencari Rezeki,
-> bisa anda baca disini <-
Maka pada episode kali ini sinyal alam akan sedikit menambahkan dan mekanjutkan pokok bahasan mengenai Rezeki tersebut ke dalam pengelompokan dan tingkatan tingkatanya.

4 Tingkatan Rezeki untuk Manusia


Dan di karenakan ini merupakan artikel lanjutan dari materi tentang Rezeki maka sinyalalam mengambil judul dengan kata kata :

4 TINGKATAN REZEKI UNTUK MANUSIA


Adapun pengelompokan tingkatan Rezeki tersebut di antara nya adakah sebagai berikut :

1. REZEKI TINGKAT KE-1 

Adalah Rezeki YANG DIJAMIN OLEH ALLAH
"Tidak suatu binatangpun (termasuk manusia) yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin oleh Allah rezekinya." (QS. 11: 6)

Artinya Allah akan memberikan kesehatan, makan, minum untuk seluruh makhluk hidup di dunia ini. Ini adalah rezeki dasar yang terendah.

2. REZEKI TINGKAT KE-2 

Adalah REZEKI yang didapat KARENA USAHA
"Tidaklah manusia mendapat apa-apa kecuali apa yang telah dikerjakannya" (QS. 53: 39)

Maksudnya adalah Allah akan memberikan rezeki sesuai dengan apa yang dikerjakannya. Jika ia bekerja dua jam, dapatlah hasil yang dua jam. Jika kerja lebih lama, lebih rajin, lebih berilmu, lebih sungguh-sungguh, ia akan mendapat lebih banyak. Tidak pandang dia itu muslim atau non muslim.

3. REZEKI TINGKAT KE-3 

Adalah suatu REZEKI YANG DI TAMBAH DENGAN CARA BERSYUKUR.
“... Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. 14: 7)

Ini adalah rezeki yang disayang Allah. Orang-orang yang pandai bersyukur akan mendapat dan merasakan kasih sayang Allah serta mendapat rezeki yang lebih banyak. Itulah Janji Allah! Orang yang pandai bersyukurlah yang dapat hidup bahagia, sejahtera dan tentram. Usahanya akan sangat sukses, karena Allah akan selalu menambahnya.

4. REZEKI KE-4 

Adalah REZEKI UNTUK YANG BERIMAN DAN BERTAQWA
".... Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS.Ath-Thalaq/65 : 2-3)

Peringkat rezeki yang ke empat ini adalah rezeki yang istimewa, tidak semua orang bisa meraihnya. Orang istimewa ini (muttaqun) adalah orang yang benar-benar dicintai dan dipercaya oleh Allah untuk memakmurkan atau mengatur kekayaan Allah di bumi ini.

Contoh paling kongkrit, Allah tunjukan pada seorang pribadi Sahabat bernama Usman Bin Affan. Orangnya sudah meninggal ribuan tahun yang lalu, tapi Rekeningnya...rekening atas nama Usman Bin Affan masih aktif dan produktif hingga sekarang.

Maha Besar Allah dengan segala Kekuasaan nya
Tidak ada satu tangkai daun pun yg gugur tanpa Allah mengetahuinya. Maka tidak mungkin ada manusia yang Allah tidak urus kehidupannya.

Berkahnya Rezeki

Berkahnya rezeki bisa dilihat dari hal-hal berikut ini :

  • Dimulai dari niat yang lurus
  • Digunakan untuk hal-hal yang diridhoi Allah.
  • Tidak lupa karunia Allah. 

[Feadah dari ceramah yang disampaikan oleh Syaikh.Prof.Dr Abdurrazzaq -semoga Allah menjaga beliau-]

Seorang muslim ketika mencari rezeki, dia menanamkan didalam hatinya niat yang lurus, yaitu dia mencari rezeki yang halal untuk mencukupi kebutuhan dirinya sehingga tidak meminta-minta kepada orang lain, dia berniat untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Dia berniat, dia mencari rezeki agar bisa bersedakah, membantu anak yatim, berkurban, dan lain sebagainya.

Setelah seorang berusaha mencari rezeki, kemudian dia mendapatkannya, maka rezeki tersebut dia gunakan dalam hal-hal yang diridoi Allah. Seorang muslim selalu ingat bahwasannya harta yang dia miliki akan ditanya,, _dari mana dia mendapatkan harta tersebut dan untuk apa dia gunakan.

Seorang muslim atau muslimah ketika dia mendapatkan rezeki, dia tidak lupa, bahwasannya rezeki tersebut berasal dari Allah, rezeki tersebut karunia dariNya, bukan semata-mata karena dia pandai berdagang, pandai bisnis, dan yang semisalnya. Kalau seorang itu paham, bahwasannya rezeki itu karunia dari Allah, maka dia tidak akan sombong.


Sahabat, Mulai dari sekarang mari kita lebih mendekatkan diri kita kepada Allah dengan lebih intens dari biasanya, agar DIA memperhatikan mu lebih dari biasanya. Ingat manusia hanya bisa berusaha dan Allah lah yang menentukan hasilnya.

Cukup sekian kiranya episode 4 Tingkatan rezeki untuk Manusia kali ini, semoga dapat memberikan sesuatu yang ada manfaatnya bagi semua. Bila ada kebaikan di dalamnya silahkan di ambil namun apabila ada yang kurang bermanfaat silahkan di abaikan . Mohon maaf apabila ada salah baik penyampaian ataupun penulisan , Akhirusalam wassalamu'alaikum wr.wb.
 Di ambil dari beberapa sumber.
Ttd sinyal alam

Artikel Keren :



NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner