-->

5 Penyakit Hati Yang Harus Diwaspadai

Dalam kehidupan ini, seorang manusia pasti tidak akan pernah luput dari yang namanya penyakit. Untuk penyakit itu sendiri, dari yang biasa kita kenal mungkin ada 2 macam jenis, yaitu penyakit Jasmani dan penyakit Rohani. Untuk penyakit Jasmani adalah suatu penyakit yang menyerang tubuh atau fisik manusia, sedangkan penyakit Rohani adalah penyakit yang menyerang pikiran atau hati seorang manusia.

5 Penyakit Hati Yang Harus Diwaspadai

Karena sinyalalam bukan seorang dokter, maka yang akan kita lanjutkan dalam artikel kali ini adalah jenis penyakit Rohani saja. Dan untuk lebih spesifik lagi adalah tentang jenis penyakit hati dalam diri seorang manusia.

5 Penyakit Hati Yang Harus Diwaspadai

Sebagai manusia beriman, berikut ini adalah 5 jenis penyakit hati yang kerap kali menyerang dan menghinggapi seorang manusia . Kita harus dapat menghindari 5 jenis penyakit hati ini.

Allah menjanjikan akan membalas semua perbuatan baik kita dengan perkara-perkara yang jauh lebih baik lagi kelak di akhirat nanti. Tapi tidak menutup kemungkinan, semua amal baik yang pernah kita lakukan hangus seketika karena penyakit hati yang masih bersemayam dalam diri kita.

Ada beberapa penyakit hati yang umum dan sering kali menghinggapi banyak orang, termasuk juga golongan yang ahli ibadah. Penyakit hati ini seperti benalu yang dapat menggerogoti semua amal baik kita.


Adapun 5 Penyakit Hati Yang Harus Diwaspadai adalah :

 1. Qaswatul Qulub = Hati yang Keras

Orang dengan hati yang keras biasanya tidak mau menerima nasihat baik dari orang lain. Dia selalu melakukan hal buruk tanpa memperdulikan akibatnya. Dia juga selalu merasa yang paling benar dan menganggap apa yang dikatakan orang lain itu adalah salah. Mungkin hanya ada satu cara untuk menyadarkan orang yang hatinya membatu, yaitu dengan cara diberikan musibah yang berat kepadanya

2. Al Istighlal Bi’Uyubil Kholqi  = Sibuk dengan Aib Orang Lain

Terlalu sibuk memikirkan aib orang lain dan lupa pada aib diri sendiri adalah termasuk penyakit hati yang dapat mengugurkan semua amal kita. Apabila Melihat kejelakan orang lain maka akan terlihat sangat jelas seperti bisa melihat semut yang berada di seberang sungai. Sementara apabila ada kejelekan sendiri maka dia tidak melihat meskipun sebesar gajah yang berada di depan mata kita. Celakalah orang yang terus memelihara penyakit hati ini meskipun dia rajin beribadah.

3. Qillatul Haya = Sedikit Rasa Malunya

Orang yang sudah kehilangan rasa malunya, dia akan berbuat dosa tanpa ada rasa takut sedikitpun. Tidak ada rasa penyesalan atau rasa takut ketika melakukan dosa besar. Bahkan dia merasa tidak akan mati ketika melakukan dosa. Rasa malunya sudah benar-benar hilang.

4. Hubbun Dunya = Cinta Mati Terhadap Dunia

Ciri-ciri orang yang terlalu mencintai dunia ini adalah dia merasa hidupnya akan kekal, sering meninggalkan urusan ibadah untuk mengejar harta dan selalu memikirkan kenikmatan dunia tapi melupakan tentang akhirat. Dan ciri yang terakhir, dia merasa takut mati karena belum bisa mendapatkan semua kenikmatan dunia.

5. Thulul Amal = Panjang Angan-Angan

Memiliki panjang angan-angan bagaimana nasib kita di akhirat nanti itu sangat baik, karena bisa mendorong kita untuk beribadah secara bersungguh-sungguh. Bamun apabila panjang angan-angannya ditujukan pada urusan dunia, maka kita bisa celaka. Biasanya orang seperti itu akan memiliki prinsip mengejar dunia lebih dahulu, baru taubat nanti. Masih beruntung jikalau diberi panjang umur, namun bagaimana jika tidak , dan masih dalam keadaan belum bertaubat ?

Semoga kita bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya setelah membaca tulisan tentang 5 Penyakit Hati Yang Harus Diwaspadai di atas.

Akhir kata semoga bisa membawa maanfaat yang baik kepada para pembaca.
Wassalamu'alaikum wr.wb.

Artikel Paling Dicari :

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner