-->

Utsman bin Affan seorang pemimpin yang rajin beribadah

Utsman bin Affan adalah seorang pemimpin yang rajin beribadah dan selalu taat menjalankan perintah Allah. Mari kita simak kisah keteladanan dari :

Utsman bin Affan sebagai seorang pemimpin yang rajin beribadah

Utsman bin Affan seorang pemimpin yang rajin beribadah
Gambar hanya Pemanis saja

Sibuknya dalam memimpin umat negara yang sudah hampir memasuki Eropa tidak kemudian membuat ‘Utsman melalaikan akan kewajibannya sebagai seorang hamba Allah ‘Azza wa Jalla. Justru dalam kepemimpinannya ini beliau lebih memperbanyak beribadah kepada Allah dan bermunajat kepada-Nya. Ia begitu sadar bahwa amanat serta tanggungjawab yang diemban serta di pikulnya bukanlah suatu perkara yang ringan. Oleh sebab itu hubungan antara dirinya dengan Rabb-nya harus dapat lebih dipererat lagi agar dalam menjalankan tugasmya itu ia mendapat petunjuk dari-Nya.

Gambaran banyaknya ibadah yang menjadi rutinitas Utsman adalah terbiasa mengkhatamkan Al-Quran dalam satu rakaat shalat di sisi Hajar Aswad. Oleh karena itu ketika menafsirkan ayat kesembilan dari surat Az-Zumar yang berbunyi:
أَمَّنْ هُوَ قَانِتٌ آنَاءَ اللَّيْلِ سَاجِدًا وَقَائِمًا يَحْذَرُ الْآخِرَةَ وَيَرْجُو رَحْمَةَ رَبِّهِ
“(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadat di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya?”  (QS. Az-Zummar: 9).

‘Abdullah bin ‘Umar radhiallahu’anhu mengatakan, “Dia adalah ‘Utsman bin ‘Affan.”
Sementara itu ketika menafsirkan ayat:
هَلْ يَسْتَوِي هُوَ وَمَن يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ ۙ وَهُوَ عَلَىٰ صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ
“Samakah orang itu dengan orang yang menyuruh berbuat keadilan, dan dia berada pula di atas jalan yang lurus?” (An-Nahl: 76).

Ibnu ‘Abbas radhiallahu’anhu menyatakan, “Dia adalah ‘Utsman”.

Utsman bin ‘Affan radhiallahu’anhu juga terkenal sebagai sosok yang biasa melakukan puasa sepanjang masa dan pada malam harinya mengerjakan shalat sepanjang malam kecuali di awal malam yang Dia digunakannya untuk memejamkan mata sejenak. Demikian seperti yang ‘terekam’ dalam Shifah Ash-Shafwah I/302.

Selain itu Utsman juga dikenal sebagai sosok yang berkepribadian dermawan dan tawadhu’ meski sebagai orang nomor satu di zamannya. Mubarak bin Fadhalah meriwayatkan dari Al-Hasan, ujarnya, “Aku pernah melihat Utsman tidur di Masjid sedangkan selendangnya (kain yang biasa dikenakan untuk menutupi bagian atas badan) berada di bawah kepalanya. Orang-orang pun mulai berdatangan duduk di sisinya sehingga seakan-akan beliau bagian dari mereka.”

Demikianlah sekelumit riwayat hidup Utsman radhiallahu’anhu di masa-masa kepemimpinannya. Tentu di sana masih banyak lagi potret kebijaksanaan dan keteladanan Utsman dalam memimpin yang kiranya perlu dicontoh oleh siapa saja yang tengah memegang tampuk kepemimpinan, sekecil apa pun kepemimpinan yang dipegangnya.

Jika kita terus menelusuri sejarah Islam beserta tokoh-tokohnya, tentu kita akan merasa cukup mencari sosok dan pelajaran untuk masa depan yang lebih baik. Tidak ada tokoh dan keindahan sejarah mana pun yang dapat menandingi sejarah Islam serta para pelaku sejarah itu.

Maka tidak ada teladan kecuali keteladanan dalam Islam. Namun sayang seribu sayang, kenyataan justru berkata sebaliknya. Banyak orang yang lebih mendahulukan sejarah dan ketokohan orang-orang Barat dibandingkan dengan ketokohan umat Islam sendiri. Padahal jika sedikit saja mereka mau membuka matanya membaca sejarah Islam, tentu mereka akan merasa lebih daripada cukup. Wallahua’lam.

Semoga kisah di atas bisa memberikan inspirasi dan manfaat kebaikan buat kita semua. Mari belajar lebih baik lagi dalam menjali kehidupan di dunia yang fana ini. Perbaiki diri dari diri sendiri.

Di ambil dari sumber di bawah ini , dengan sedikit penambahan dan pengurangan kata sesuai karakter dari sinyalalam.
Sumber: Artikel Muslim.Id

Artikel Kisah Teladan :


  • Ulama hebat dari kaum Quraisy
  • Ulama yang tidak takut di bilang bodoh

  • NEXT ARTICLE Next Post
    PREVIOUS ARTICLE Previous Post
    NEXT ARTICLE Next Post
    PREVIOUS ARTICLE Previous Post
     

    Delivered by FeedBurner