-->

7 Makanan yang Bisa Memicu Darah Tinggi

Garam dapat memicu terjadinya darah tinggi. Selain garam, Tujuh Jenis makanan berikut ini sebaiknya juga Anda hindari karena sangat rentan untuk memicu terjadinya penyakit DT tersebut. Terutama jika anda mempunyai indikasi hipertensi.

7 Makanan yang Bisa Memicu Darah Tinggi

7 Makanan yang Bisa Memicu Darah Tinggi

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang dapat memicu Penyakit Darah Tinggi dan sebaiknya di hindari.

1.Makanan olahan dan makanan kalengan

  • Makanan olahan dan makanan kalengan mengandung garam dalam prosentase yang cukup  tinggi. Garam yang mengandung natrium ini digunakan pada makanan olahan atau kalengan sebagai pengawet. Ini bertujuan untuk menjadikan makanan tahan lama daya simpan nya. Kalau terkalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam maka dapat menyebabkan tekanan darah dalam tubuh akan meningkat.

2. Acar mentimun

  • Pernah mencoba pickle atau acar mentimun? Ternyata kandungan garam atau natrium dalam pickle sangat tinggi. Mentimun sengaja dibiarkan dalam air garam, sehingga garam terserap ke dalamnya. Semakin lama mentimun atau sayuran lain di air garam, semakin banyak pula garam yang diserap.

3. Fast Food

  • Makanan fast food, seperti pizza, ayam goreng, hamburger, kentang goreng, dan lainnya, sangat tinggi akan garam atau natrium. Garam inilah yang membuat rasa makanan fast food tersebut menjadi enak. Belum lagi kandungan lemak yang juga tinggi dalam makanan fast food membuat makanan ini sangat berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi.

4. Produk yang mengandung tomat

  • Produk seperti pasta tomat, saus tomat, makanan kalengan dengan bumbu tomat, atau produk yang mengandung tomat ternyata juga mengandung natrium yang sangat tinggi. Makanan siap saji ini mungkin memudahkan Anda dalam penyajian dan mempunyai rasa yang enak, namun di balik itu semua ada sesuatu yang bebahaya bagi kesehatan Anda. Jika Anda mempunyai tekanan darah tinggi, sebaiknya batasi konsumsi makanan seperti ini.


5. Kulit ayam

  • Siapa yang tidak suka dengan kulit ayam? Rasanya yang gurih dan kenyal membuat orang akan memakannya terlebih dulu atau menyisakannya untuk makan di akhir (tergantung cara Anda dalam menikmati makanan Anda). Namun, ternyata di balik rasanya yang sangat enak tersebut, kulit ayam sangat berbahaya untuk orang dengan hipertensi. Mengapa?
  • Kulit ayam mengandung lemak jenuh dan lemak trans tinggi. Mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat Anda. Kadar kolesterol LDL yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan tekanan darah Anda, membuat hipertensi menjadi makin buruk, bahkan bisa menyebabkan penyakit jantung koroner.

6. Makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan

  • Jangan pikir hanya garam saja yang berbahaya untuk para penderita hipertensi, tapi ternyata gula juga berbahaya. 
  • Asupan gula berlebih, terutama yang diperoleh dari pemanis buatan dalam makanan olahan, dapat dihubungkan dengan peningkatan kenaikan berat badan dan obesitas. Nah, orang dengan obesitas ini dapat dengan mudah mengalami tekanan darah tinggi.
  • Selain itu, penelitian yang dipublikasikan oleh British Medical Journal (BMJ) tahun 2014 juga telah membuktikan bahwa asupan gula tambahan dari makanan olahan dapat meningkatkan risiko Anda mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke, daripada asupan garam tambahan. American Heart Association pun telah merekomendasikan untuk membatasi asupan gula tambahan, yaitu sebesar 6 sendok teh (sekitar 24 gram) per hari untuk wanita dan 9 sendok teh (sekitar 36 gram) untuk pria.

7. Kopi atau minuman yang berkafein

  • Kopi adalah salah satu minuman yang menjadi favorit banyak orang dari berbagai kalangan. Harap di perhatikan bagi Anda yang mempunyai hipertensi atau prehipertensi harap berhati-hati karena kopi bisa membuat penyakit Anda menjadi tambah buruk. Mungkin sekarang adalah waktunya untuk menghilangkan kebiasaan mengopi Anda. 
  • Terlalu banyak kopi yang Anda minum dapat menyebabkan tekanan darah Anda makin tinggi. Bahkan, jika Anda tidak teratur mengonsumsi kopi, secangkir kopi di pagi hari sudah bisa membuat tekanan darah Anda naik.
  • Para ahli menduga bahwa kafein dalam kopi dapat menghambat pelepasan hormon adenosin, yaitu hormon yang menjaga pembuluh darah tetap melebar.
  • Selain itu, kafein juga dapat merangsang kelenjar adrenal untuk melepaskan hormon adrenalin dan kortisol lebih banyak sehingga dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. 
  • Tidak hanya kopi, minuman berkafein lain, seperti teh, minuman soda, dan minuman berenergi, juga dapat berkontribusi pada meningkatnya tekanan darah Anda.

Demikianlah Tips kesehatan dengan tema
7 Makanan yang Bisa Memicu Darah Tinggi
Artikel ini saya dapat Sebuah Sumber dengan sedikit di edit tulisanya sesuai dengan gaya dan karakter sinyalalam.blogspot.com
Di kutip dan di sadur dari : tipspanjangumur

Semoga informasi di atar dapat memberikan manfaat kebaikan buat semuanya. Sekian dan terima kasih.

Artikel Tips :


NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner